motteCAR
Home > Tips & Trik > Kenali Lebih Dalam Masalah Pada Rem

Kenali Lebih Dalam Masalah Pada Rem

Kenali Lebih Dalam Masalah Pada Rem

Kenali Lebih Dalam Masalah Pada Rem, Agar Rem Tidak Blong

Kenali Lebih Dalam Masalah Pada Rem – Karena begitu pentingnya sistem pengereman, maka janganlah pernah mengabaikan masalah sekecil apapun yang ditimbulkan olehnya. Kenali lebih dalam masalah-masalah yang mungkin dapat timbul pada sistem rem agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kami pula bertanya ke ahlinya bagaimana cara untuk mendeteksi sistem rem yang bermasalah.

Satu yang paling mudah yaitu ketika pada saat rem berdecit saat diinjak pelan. Ini mengindikasikan kampas rem sudah habis atau menipis, sehingga besi di dalam kampas rem menyentuh piringan rem. Memang, bunyi berdecit bisa juga diakibatkan karena adanya kerikil yang terjebak masuk ke dalam sistem pengereman. Namun apabila itu penyebabnya, maka biasanya bunyinya akan hilang dalam beberapa saat.

Di lain sisi, ada sejumlah hal lain yang perlu diwaspadai karena berpotensi bahaya. Contoh kecilnya yaitu ketika Anda sedang mengemudi dan pedal rem terasa dalam saat diinjak, sebaiknya patut Anda curigai. Kondisi tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh adanya masalah di dalam sistem rem mobil. “Apabila pedal rem yang diinjak cukup dalam sehingga hampir menyentuh pada dinding dalam ketika mengerem dan biasanya berasal dari master rem yang bermasalah,” ungkap Hendro Januli dari Pawana Auto Service di bilangan Cirendeu, Tangerang Selatan.

Master rem yang sudah rusak ini bisa dikarenakan akibat kebocoran dari sil, sehingga minyak rem tidak bisa secara maksimal menekan piston kaliper. Selain dari itu, kampas rem juga bisa menjadi penyebabnya, karena sudah mulai menipis atau karena menggunakan sepatu rem imitasi yang cenderung mempunyai kualitas rendah.

Selain dari itu ada ciri – ciri lain apabila rem mulai bermasalah. “Jika pedal rem terasa keras ketika diinjak, biasanya disebabkan pada booster rem yang bermasalah,” tambah Hendro Januli pria ramah ini. Booster rem berguna untuk meringankan kerja dari master rem untuk mendorong minyak rem dengan memanfaatkan vakum intake mesin.

Selain gejala di atas, masih ada masalah lain yang dapt terjadi pada sistem rem, yaitu piringan rem yang bergelombang. Gejalanya dapat dirasakan ketika Anda melakukan pengereman pada kecepatan 80 hingga 100 km/jam. “Pedal rem yang terasa bergetar, naik-turun, dan lingkar kemudi seolah mengikutinya,” tutup pria yang akrab dipanggil Endro. Bisa dipastikan gejala tersebut timbul karena piringan rem yang sudah aus, menipis maupun bergelombang.

Jika ada masalah-masalah yang kami sebutkan di atas, sebaiknya jangan kompromi. Langsung bawa ke bengkel langganan Anda untuk secepatnya ditangani. Karena ini adalah sebuah peranti keselamatan yang bisa membahayakan nyawa Anda apabila diabaikan kinerjanya.

Tips Berita Otomotif

Leave a Reply

Top